Selama ini istilah assessment center tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan, karena memang ia banyak dibutuhkan oleh perusahaan, yaitu sebuah metode yang dipakai untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia, dengan cara menilai kemampuan, pengetahuan sampai dengan kinerja mereka, agar lebih tahu tentang profil karyawan tersebut. Ini akan sangat berguna di dalam proses perekrutan karyawan baru nantinya. Kegiatan assessment ini sendiri menggunakan metode khusus, sehingga memang tidak dapat dikerjakan oleh sembarangan orang.

Kebanyakan perusahaan mempercayakannya kepada sebuah lembaga assessment yang memang sudah berpengalaman di bidang ini, sehingga proses assessment juga bisa lebih diakui. Kesalahan dalam memilih lembaga untuk assessment ini efeknya juga bisa fatal, sehingga tidak boleh sembarangan, karena berhubungan dengan perusahaan Anda. Apalagi sekarang ini juga sudah banyak fitur-fitur terbaru dimana memang proses assessment tersebut sudah menggunakan teknologi, sehingga lebih praktis serta cepat.

Dalam kegiatan assessment center ini juga akan melibatkan banyak tenaga atau SDM, termasuk diantaranya adalah dari bagian HRD perusahaan yang lebih mengerti mengenai SDM, lalu sebenarnya apa kegunaan dari assessment tersebut? berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  1. Sebagai penentu jenjang karir karyawan, dari waktu ke waktu pastinya ada rolling jabatan, sesuai dengan usia karena untuk beberapa posisi tentu akan kosong setelah ada yang pensiun, guna bisa mengisi posisi-posisi tertentu di dalam sebuah perusahaan ini pastinya tidak dilakukan secara sembarangan bukan. Melainkan harus lewat kriteria-kriteria yang diberikan, apakah memang sudah memenuhi kriteria tersebut ataukah belum dengan adanya assessment ini hasilnya akan menunjukkan mengenai profil dari para kandidat tersebut.
  2. Mengenali potensi masing-masing karyawan, setiap orang dibekali dengan potensi atau bakat yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Pada dasarnya hal ini juga tidak dapat dilihat secara mudah, bahkan terkadang orang itu sendiri tidak sadar akan potensi yang ada dalam dirinya. Hasil dari assessment juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi tersembunyi yang dimiliki oleh orang tersebut, dapat dijadikan sebagai acuan untuk mereka agar nantinya bisa lebih berkembang dibandingkan dengan sebelumnya.
  3. Menemukan kandidat yang sesuai dalam rekrutmen, assessment ini juga digunakan untuk menemukan kandidat yang layak untuk bekerja di dalam sebuah perusahaan, sesuai dengan kriteria yang diminta oleh perusahaan tersebut, apalagi jika seandainya dalam proses pencarian ini ada banyak yang melamar, tentunya secara otomatis butuh waktu lama untuk penilaiannya, assessment berbasis teknologi akan membantu dalam mempercepatnya.
  4. Digunakan sebagai bahan acuan untuk pengembangan karyawan, hasil dari assessment juga akan dimanfaatkan oleh perusahaan, jika ingin mengembangkan karyawan mereka, semisalnya adalah ingin mengikutkan mereka pada program pelatihan, maka dengan adanya assessment Anda bisa tahu potensi mereka, begitu juga dengan kekurangan, serta jika harus mengikutkan pada program pelatihan, maka akan tahu jenis pelatihan apakah yang paling cocok sesuai dengan profil dari kandidat tersebut.

Salah satu lembaga assessment center yang terkenal di Indonesia adalah Prasmul-ELI. Bukan sekedar layanan di bidang assessment saja, melainkan jika dilihat juga sebenarnya Prasmul-ELI ini juga memiliki kelas pelatihan online, dimana ada banyak tawaran program atau kelas yang dimilikinya. Banyak diantara perusahaan besar yang nyatanya juga merekomendasikan lembaga yang satu ini, kualitasnya juga dikenal bagus, apalagi mereka juga menjamin garansi serta bersertifikat, bisa langsung cek di website resminya di laman ini.