Resep dan Cara Masak Opor Ayam yang Tepat

Bagaimana cara masak opor ayam agar rasanya merasuk sampai bagian daging yang terdalam? Kita ketahui bahwa ayam memiliki tekstur yang cukup kenyal dan harus dimasak cukup lama agar rasa dari makanan yang dibuat bisa merasuk sempurna. Karena itulah, Anda harus memilih resep yang tepat dan cara yang benar untuk memasak makanan berwarna kuning ini. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk masak opor ayam.

1.            Bahan-bahan Masakan Opor Ayam

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak opor ayam antara lain beberapa potong daging ayam, kunyit, santan, garam, bawang merah dan bawang putih, serai, lengkuas, jintan putih, kulit kayu manis, serta air. Jangan lupa tambahkan daun jeruk purut yang dipotong agar aromanya semakin pekat.

Lalu, bumbu tersebut dihaluskan kecuali serai. Setelah itu, ayam yang sudah disiapkan dicuci bersih dan dihilangkan kotorannya.

2.            Cara Masak Opor Ayam

Selanjutnya, cara masak opor ayam adalah memasukkan bumbu ke dalam minyak mendidih dan menumis sampai harum. Bawang merah dan bawang putih yang ada di dalam bagian bumbu harus benar-benar matang hingga menimbulkan aroma wangi.

Setelah bumbunya sudah matang, maka selanjutnya Anda bisa memasukkan air sesuai selera hingga mendidih. Kemudian, tambahkan santan dan ayam yang sudah disiapkan. Masak sampai matang dan bumbu merasuk sempurna. Tambahkan daun jeruk supaya aromanya semakin pekat.

3.            Tips Masak Opor Ayam

Agar opor lebih lunak dagingnya, Anda bisa memasak ayam di mesin presto terlebih dahulu. Karena pada umumnya ayam yang dipilih untuk opor tidak bebas tulang, maka presto adalah salah satu solusi pemasakan agar lebih cepat matang, daging lunak, dan tentu bumbunya pun dapat berabsorbsi secara maksimal.

4.            Menyajikan Opor Ayam

Makanan yang kerap disajikan ketika hari raya tiba ini sebaiknya ditemani dengan bawang goreng kering. Citarasa dan aroma opor akan semakin kuat serta menimbulkan rasa khas ketika disantap bersama dengan bawang goreng.

Nasi putih atau lontong dan ketupat juga menjadi pilihan yang bisa menyempurnakan penyajian. Di Indonesia, opor berfungsi sebagai lauk makanan. Sehingga, jarang ada orang yang memakan opor tanpa nasi, lontong, atau ketupat. Jika pada waktu hari raya, biasanya akan ada lontong atau ketupat. Jadi, Anda dapat merasakan sensasi makan ketupat sayur dan juga opor.

5.            Agar Ayam Bisa Tahan Lama

Saat menyimpan ayam sebelum dimasak, pastikan Anda sudah memotongnya tetapi tidak mencucinya. Letakkan dalam freezer dan kemudian sebelum dimasak bisa diletakkan di chiller. Kemudian, untuk memastikan ayamnya tahan lama saat sudah dimasak, maka Anda bisa menghangatkannya setiap beberapa jam sekali.

6.            Opor Berwarna Kuning atau Putih?

Sebagian orang bertanya, mengapa ada opor yang berwarna kuning dan agak putih? Hal tersebut tergantung dari cara masak opor yang Anda lakukan. Apakah Anda menggunakan banyak kunyit atau tidak? Jika ya, maka pewarna alami ini akan membuat warnanya semakin kuning.

Namun, opor dengan warna lebih putih dan pucat pun kadang menjadi ciri khas masakan di tempat-tempat tertentu. Tentunya, warnanya akan mempengaruhi rasa. Akan tetapi rasa khas dari opor tersebut tidak hilang.

Dari beberapa hal penting tentang resep dan juga cara masak opor di atas, apakah Anda pernah mencoba semuanya? Ayo praktekkan di rumah untuk memberikan makanan enak yang bergiizi sebagai main course sederhana.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*