Selain hamil dan melahirkan, menyusui merupakan hal paling membahagiakan yang dialami para ibu di seluruh dunia. Meskipun ada sebagian ibu yang memilih promo susu formula untuk mendukung pertumbuhan anak, tetapi pemberian ASI eksklusif sangat direkomendasikan pada 6 bulan pertama kehidupan si kecil. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu makanan yang bisa meningkatkan produktivitas ASI eksklusif.

Makanan yang kaya nutrisi untuk ibu menyusui

Jika makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui kurang bergizi, maka produktivitas ASI menjadi berkurang. Sebaiknya Anda mengetahui daftar makanan yang mengandung nutrisi tinggi untuk bayi yaitu :

1.                 Oatmeal

Jenis makanan yang wajib Anda masukkan dalam daftar menu harian adalah oatmeal. Para ibu menyusui bisa membeli produk oatmeal di toko atau swalayan terdekat. Anda bisa menambahkan menu lain yang bisa menambah selera makan oatmeal, misalnya buah, yogurt, kacang almond, dan lain-lain.

2.                 Sayur bayam

Makanan yang kaya zat besi sangat dibutuhkan dalam memulihkan kesehatan ibu yang baru melahirkan. Pilih sayuran hijau seperti bayam yang kaya zat besi selama hamil dan menyusui, ya! Bayam juga meningkatkan produktivitas ASI sehingga Anda tidak perlu memberikan tambahan susu formula untuk anak.

3.                 Sayur labu

Tahukah Anda bahwa sayur labu mengandung antioksidan alami yang baik untuk ibu menyusui? Ya, kandungan nutrisi pada sayur labu bisa menyehatkan pencernaan, menjadi sumber energi dan meningkatkan produktivitas ASI harian.

4.                 Beras merah

Ibu hamil bisa mengkonsumsi beras merah selain beras putih biasa saja. Hal ini dikarenakan nutrisi dan vitamin pada beras merah lebih tinggi untuk melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan tubuh dan membantu pola diet sehat setelah melahirkan.

5.                 Susu

Susu yang mengandung asam folat sangat baik dalam mendukung produktivitas ASI ibu. Selain belanja susu formula di toko online perlengkapan bayi, Anda juga wajib membeli susu untuk ibu melahirkan. Pemberian ASI tetap yang terbaik meskipun ASI Anda tidak lancar dan kurang maksimal.

6.                 Daun katuk

Ingin meningkatkan produksi ASI, maka Anda bisa membuat sayur bening daun katuk yang enak. Daun katuk kaya asam folat yang baik untuk peningkatan produksi ASI. ASI yang bernutrisi sangat baik dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

7.                 Kurma

Kurma cocok menjadi sumber energi sehat untuk Anda yang butuh tenaga maksimal selama menyusui. Jadikan buah kurma sebagai camilan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari, ya! Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsi buah kurma secara berlebihan sebab bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. 

Nah, ibu menyusui harus tetap memprioritaskan pemberian ASI selama masa menyusui anak hingga 2 tahun. Selepas ASI eksklusif 6 bulan, Anda bisa mempertimbangkan promo susu formula untuk nutrisi pelengkap. Yuk, jaga pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda dengan produktivitas ASI yang melimpah!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*